Sunday, May 20, 2007

Bukan sesuatu yang istimewa, tapi sudah seharusnya

Saya suka membaca biografi orang terkenal, public figure, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya. Kelihatannya mereka benar-benar berusaha dan start dari ZERO to HERO. Menjadi kaya dan mempunyai prestasi gemilang di masa tuanya. Banyak sekali yang bisa dipelajari dari orang-orang tersebut. Ketekunan, kekreatifan, mental baja dan spirit untuk terus berjuang yang tidak pernah padam Tapi yang membuat saya terkesan malah dari seseorang kalangan artis. Lebih terkenal sebagai presenter olahraga, orang yang “kata-katanya” mengilhami saya membuat tulisan ini. Dik Doank.

Saat ini Dik Doank terkenal dengan iklan sebuah provider yang berslogan “jangan Cuma ngomong doank”, menjadi presenter sebuah acara tv pagi dan masih bergumul dengan sekolah untuk anak jalanannya. Kalau nggak salah judul artikelnya adalah Jaman Jutawan yang Dermawan atau sesuatu seperti itulah (saya lemah sekali dalam hal ingat-mengingat). Disitu ditulis banyak cerita tentang pengusaha Indonesia yang berhasil dalam karirnya seperti pemilik HM. Sampoerna, Mustika Ratu dll.

Nama Dik Doank tercantum disalah satu artikel tersebut bersama dengan beberapa nama artis lain seperti Dewi Hughes dll. (yang lain-lain ini lupa). Saya jadi penasaran, saya tahu Dik Doank memang terkenal dengan aktivitas sosialnya yang concern pada anak jalanan dan orang-orang tidak mampu. Namun apa yang membuat dia “layak” disejajarkan dengan orang-orang hebat tadi. Akhirnya saya menemukannya. Mulai dari awal keartisannya hingga sekarang, kepeduliannya pada orang lain yang tidak mampu sangat tinggi, jiwa besarnya mampu membuat dia menyisihkan sebagian besar pendapatannya, tenaga dan waktu untuk membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik. Dan itu terus berlangsung hingga sekarang.

“Tidak ada sesuatu yang istimewa dengan saya lakukan, ini memang sudah seharusnya”, kalimat tersebut yang diucapkan Dik Doank saat ditanya pendapatnya oleh wartawan majalah tersebut. Sungguh kalimat yang rendah hati namun membuat hati saya tergelitik (kalau tidak mau disebut tersinggung).

Saya ingat dulu saat masih mengikuti acara di UKM Kampus saya, sering saya menghabiskan waktu untuk mengikuti berbagai acara sebagai perwakilan UKM padahal saat itu saya sedang ujian ataupun mempunyai banyak tugas. Saya sering merasa bahwa yang saya lakukan itu bagus sekali, untuk kepentingan UKM. Namun setelah membaca artikel tadi, saya jadi merasa apa yang saya lakukan selama ini “tidak ada apa-apa”nya. Itu memang sesuatu yang sudah “sewajarnya” saya lakukan, bukan sesuatu yang istimewa.

Mulai saat itu saya jadi belajar untuk “melihat” sesuatu dengan rendah hati dan terbuka (buka pikiran, hati dan jiwa). Melakukan hal yang lebih baik setiapharinya dan itu bukan sesuatu yang istimewa, itu sudah seharusnya.

Bagaimana dengan anda?

1 comment:

Buletin Kelas 3D said...

Lagi online ya???

Yup,aku setuju banget kalo kamu ngangkat suatu biografi tentang Dik Doank....aku juga salut ma dia....Dia seorang yang smart dan peduli banget ma sesama...buktinya?? selain yang kamu tulis di blog kamu, yang aku tahu dia juga membuat sekolah sepakbola dengan biaya gratis....wow, mulia banget kan...jarang2 banget temen2 seusia kita bikin sesuatu hal yang seperti itu, kebanyakan mereka mementingkan diri sendiri atau kelompoknya....moga2 aja se cepet berubah....cuma secuil yang peduli....dengan jiwa yang muda, semangat kita harus muda juga donk...yup, bener kan???

Oh ya, mengingat tulisanmu yang tadi mengenai from zero to hero aku punya kata-kata penyemangat neh.....
"Dengan menantang angin layang-layang bisa terbang, begitu juga dengan manusia, dapat memegahkan hidupnya dengan perjuangan dan perlawanan".....so, can you do it??

Ehm, untuk "Mereka"....
"Mereka" itu adalah sekumpulan orang yang berbeda ma kehidupan kita, yang selama ini hanya kita lihat tetapi tidak dapat kita rasakan..sehingga kita tidak pernah peduli sama mereka...mereka butuh kita dengar...selama ini mereka hanya kursi kosong, yang membutuhkan pertolongan kita...
Misalnya: victim, anak yatim, dll lah.....ngenes banget kan.....